Friday, February 24, 2017

Ciri Ciri Aplikasi Pembawa Malware di Smartphone Android

Ciri-ciri Aplikasi Pembawa Malware

Karena merasa gak puas di Google Play Store, kamu pun mencari file APK di toko aplikasi lain. Padahal, bisa saja aplikasi itu mencuri data kamu. Berikut ciri-ciri aplikasi Android jahat:

1. Tidak Ada di Google Play

Beberapa aplikasi Android terbaik memang ada yang tidak masuk Google Play karena dianggap menyalahi aturan Google. Tapi, kamu bisa menemukannya di tempat lain. Cuma, apakah itu beneran aman dari malware? Soalnya tidak dikurasi Google sama sekali.
ciri-aplikasi-pembawa-malware-2
Aplikasi yang ada di Google Play aja belum tentu aman. Apalagi ini aplikasi yang tidak dikurasi atau ditolak Google sama sekali? Rasa waspada harusnya ada.
8 Aplikasi Android Terlarang yang Tidak Ada di Google Play Store
Yang Dilarang Kok Enak?
8 Aplikasi Android Terlarang yang Tidak Ada di Google Play Store
Baca

2. Deskripsi Tidak Jelas

Saat meng-install aplikasi, perhatikan juga deskripsinya. Developer yang bertanggung jawab akan menjelaskan secara rinci tentang aplikasi buatannya agar pengguna tidak bingung.
ciri-aplikasi-pembawa-malware
Selain penjelasan mengenai aplikasinya, developer yang baik akan menyertakan kontak. Ini berguna jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dari aplikasi yang kamu install.

3. Permintaan Akses Mencurigakan

Saat meng-install aplikasi, akan ada permintaan akses ke fungsi-fungsi lain di smartphone. Seperti kamera, galeri, kontak, hingga lokasi. Jika menemukan permintaan akses yang tidak masuk akal, sebaiknya segera hapus.
ciri-aplikasi-pembawa-malware-4
Misalnya saat install game Bakso Kotak, tiba-tiba minta akses ke Pesan. Kamu wajib curiga, soalnya buat apa game ini minta akses ke layanan Pesan, kan?

4. Jumlah Install

ciri-aplikasi-pembawa-malware-3
Semakin banyak yang meng-install suatu aplikasi, berarti semakin banyak penggunanya dan semakin baik juga suatu aplikasi. Ya, kan? Namun jika angka install-nya sedikit, kamu wajib waspada takutnya ada virus di dalamnya.

5. Maksa Minta Akses Admin

ciri-aplikasi-pembawa-malware-5
Beberapa aplikasi Android memang membutuhkan akses Administrasi agar bisa digunakan dengan baik. Tapi walau tidak diberikan akses pun akan bisa dipakai, hanya terbatas. Nah, jika ada yang maksa harus minta akses Admin, kamu wajib curiga. Apalagi kalo aplikasi itu berasal dari sumber gak jelas.

0 komentar:

Artikel Keren